Willy Blog

Diary Kesenian Willy

Ragam Budaya Masyarakat Papua

f:id:web20pesona:20200403113643j:plain

Papua yaitu sebuah provinsi yang berlokasi di paling timur Indonesia. Provinsi ini yaitu provinsi yang masih kental dan kaya akan kesenian dan kebudayaan yang ada di provinsi tersebut, provinsi ini memiliki berbagai suku seperti suku asmat yang mendiamin provinsi tersebut, dengan masyarakat yang betul-betul menjunjung tinggi kesenian dan kebudayaan yang ada di tempat mereka. Kesenian dan kebudayaan yang ada di tempat ini betul-betul menarik, dan unik.

 


Kesenian dan Kebudayaan Papua
Papua memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang ada di dalamnya, kesenian dan kebudayaan tersebut betul-betul unik dan menarik. Berikut sebagian kesenian dan kebudayaan yang ada di Papua :


Bahasa
Terdapat ratusan bahasa tempat yang berkembang pada klasifikasi etnik yang ada di Papua. Aneka Pelbagai bahasa ini menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi antara satu klasifikasi etnik dengan klasifikasi etnik lainya. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia dipakai secara sah oleh masyarakat-masyarakat di Papua malahan hingga ke pedalaman. Namun ada masyarakat yang tidak paham bahasa Indonesia karena minimnya pengajaran yang ada di Papua


Baju Tradisional
Baju adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama formatnya. Baju adat itu mengaplikasikan hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa wujud burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Namun ada juga masyarakat suku pedalaman Papua yang hanya mengaplikasikan koteka dalam membalut tubuhnya


Rumah Adat

Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami. Honai sengaja dibangun sempit atau kecil dan tidak berjendela yang bertujuan untuk membendung hawa dingin pegunungan Papua. Honai dibangun setinggi 2,5 meter dan pada bagian tengah rumah disiapkan tempat untuk membuat api unggun untuk menghangatkan diri.


Rumah Honai awam ditinggali oleh 5 hingga 10 orang. Biasanya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur meski lantai kedua dipakai sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk menjalankan kerajinan tangan.