Willy Blog

Diary Kesenian Willy

Kesenian Cirebon

f:id:web20pesona:20200519123952j:plainCirebon memiliki banyak kesenian yang masih sangat kental dengan budaya Islam. Nammun, kebanyakan dari kesenian ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luar.

Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui ada kesenian apa saja disana, yuk simak artikel ini sampai habis.

Kesenian dari Kota Cirebon

Beberapa kesenian yang ada di Cirebon ini sudah dinyatakan punah. Bahkan yang lainnya juga terancam punah namun masih berusaha di jaga agar tidak hilang begitu saja.

Masyarakat di kawasan ini juga ikut turut menjaga warisan ini agar tetap eksis di Indonesia. Nah, ada apa saja sih kesenian yang masih eksis tersebut?

1.Tari Topeng

Salah satu kesenian yang paling terkenal adalah tari topeg. Sesuai dengan namanya, tarian ini ditampilkan dengan menggunakan property topeng pada penarinya.

Kesenian ini awalnya merupakan alat diplomasi yang digunakan ketika Kerajaan Cirebon sedang berperang melawan Kerajaan Karawang. Sang penari juga akan mengganti-ganti topengnya sesuai dengan karakter yang dibawakan.

2.Sintren

Kesenian tari ini juga dimiliki oleh warga Cirebon. Tarian ini memiliki unsur magis, pada awal pertunjukkan sang penari akan diikat mulai dari leher hingga ujung kaki kemudian dimasukkan ke dalam sebuah kurungan yang ditutup dengan kain namun setelah itu sang penari dapat membebaskan diri dari ikatan tersebut.

Karena adegan itulah, kesenian ini jadi terasa bernuansa magis. Namun karena hal ini dilakukan oleh professional, maka dijamin tidak aka nada yang terluka saat mementaskan Sintren.

3.Kesenian Gembyung

Kesenian khas Cirebon ini merpakan salah satu peninggalan dari para wali (Wali Songo) yang menyebarkan agama Islam di Corebon.

Kesenian Gembyung merupakan salah satu bentuk pengembangan dari kesenian terbang dan sering ditampilkan dalam acara-acara keagamaan di Cirebon.

4.Genjring Rudat

Kesenian genjring rudat ini merupakan sebuah kesenian yang berkembang di lingkungan pesantren. Jenis alat music yang biasanya digunakan dalam kesenian genjring rudat antara lain genjring, bedug, dan terbang.

Kesenian ini juga dilengkapi dengan pujian-pujian yang dilontarkan kepada Tuhan (Allah) dan para Rasul-nya.

Itulah beberapa kesenian dari Cirebon yang sangat disukai dan dijaga sampai sekarang. Sangat disayangkan karena banyak keseniannya yang punah akibat perkembangan zaman.

Semoga saja kesenian diatas masih tetap dapat dipertahankan agar tidak ikut hilang. Semoga artikel ini bermanfaat.