Willy Blog

Diary Kesenian Willy

Kesenian Batak

f:id:web20pesona:20200622101724j:plain

Etnis Batak merupakan salah satu etnik yang bermukim di umatera Utara. Suku ini memiliki wilayah yang relative luas. Karena itu, ada banyak sekali kesenian serta kebudayaan yang tersedia disana.

 

Kesenian tersebut hidup menyau dalam adat istiadat dan religi masyarakatnya. Semua kesenian tradisional tersebut menjadi bagian kehidupan mereka.

Kesenian Khas Masyarakat Batak

Berbagai kesenian ini memiliki banyak ciri khas yang pastinya beda dari yang lainnya. Berbagai kesenian ini juga seringkali menjadi daya tari bagi turis luar Indonesia.

Lalu, ada kesenian apa saja sih di Batak? Yuk simak dibawah ini.

1.Seni Tari

Salah satu tarian dari Batak adalah tari tor-tor. Kesenian ini sangat menonjol dan terkenal di Indonesia. Menurut kepercayaan mereka, tarian ini merupakan lambing syukur kepada dewa pencipta alam semesta dan rasa hormat kepada hula-hula dalam konsep kekeluargaan mereka.

Tarian ini biasanya dilakukan dalam upacara ritual, ataupun dalam upacara adat seperti acara pernikahan.

2.Seni Musik

Ada sejumlah seni musik yang juga menjadi bagian dalam pelaksanaan upacara adat Batak. Seperti gindang sabangunan dan gondang hasapi yang merupakan alat music tradisional mereka.

Menurut mitologi etnik Batak Toba, kedua alat music ini merupakan milik Mulajadi Nabolon sehingga harus dimainkan untuk menyampaikan permohonan kepada sang dewa.

3.Seni Kerajinan

Kerajinan tangan yang terkenal disana adalah Matonun. Martonun adalah keterampilan dalam membuat kain ulos dengan alat tenun tradisional.

Masyarakat Batak Toba melakukan berbagai seni kerajinan sesuai dengan peran dan fungsinya dalam struktur adat dan religi yang mereka percaya.

4.Seni Sastra

Ada banyak sekali seni sastra yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Batak Toba. Seperti sastra lisan dan tulisan. Beragam cerita rakyat seperti Danau Toba dan Batu Gantung menjadi legenda yang sampai saat ini masing sering dekisahkan.

Pantun-pantun yang disebut sebagai umpasa juga ada dalam kebudayaan Batak Toba dan menjadi kearifan lokal etnik tersebut. semua seni itu memiliki makna filosofis dalam kehidupan mereka.

5.Seni Rupa

Seni pahat dan seni patung menjadi keterampilan utama daam seni rupa tradisional yang hidup di Batak Toba. Ukiran-ukiran yang terdapat gorga atau ornament rumah adat mereka.

Seni patung bisa dilihat dari banyak peralatan tradisional seperti sior dan hujur (panah), losung gaja (lesung besar), serta parpagaran dan sigale-gale (alat untuk memanggil kekuatan gaib).

Itulah beberapa kesenian khas Batak yang harus kalian ketahui. Semoga berbagai kesenian ini dapat terus dilestarikan dan dijaga sampi nanti. Semoga artikel ini bermanfaat.